Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Fakta Oli Mesin Motor Matic

5 fakta oli mesin motor matic

Salah satu bentuk perawatan wajib bagi pemilik motor adalah rutin ganti oli menggunakan jenis oli terbaik untuk motor matic salah satunya adalah oli-oli dari idemitsu. 

Ganti oli secara rutin sangat penting untuk melindungi berbagai komponen di mesin motor agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Namun sebelum rutin melakukannya, kenali dulu sejumlah fakta terkait oli mesin motor matic.

Fakta-Fakta Oli Mesin Motor Matic

Oli mesin memiliki beragam fungsi, salah satunya sebagai pelumas yang melindungi permukaan sejumlah komponen yang bergesekan di dalam mesin motor. Pelumas membantu komponen bergesekan tanpa menimbulkan suara, tanpa ada benturan keras sehingga tidak mudah aus, dan tanpa menimbulkan suhu yang kelewat tinggi.

Banyaknya fungsi oli membuat oli mesin perlu diganti secara berkala, bisa berdasarkan jarak tempuh dan bisa juga berdasarkan durasi penggunaan. Paling umum adalah berdasarkan jarak tempuh yang lebih mudah dideteksi oleh pemilik motor matic tersebut. Supaya aman dan nyaman ganti oli rutin, kenali seluruh fakta terkait oli jenis ini. Yaitu:

Waktu untuk Ganti Oli

Banyak pemilik motor matic yang belum menyadari kapan waktu yang tepat untuk ganti oli. Jadi, ganti oli pertama dilakukan di service pertama sesuai buku panduan motor tersebut. Biasanya setelah menempuh jarak 1.000 km, dan ganti oli selanjutnya setelah menempuh 2.000 - 3.000 km.

Spesifikasi Oli Mesin Motor Matic

Oli mesin untuk motor matic ternyata memiliki beragam spesifikasi, yang tentunya perlu dipahami. 

Kebanyakan ahli otomotif paling sering menganjurkan untuk menggunakan oli mesin dengan spesifikasi 10W/30. Selain itu, perlu dipastikan oli mesin tersebut memiliki kode JASO MB atau JASO MA pada kemasan.

Jenis Oli Mesin untuk Motor Matic

Oli mesin untuk motor matic ternyata tidak hanya satu jenis. Sehingga mereknya beragam dan jenisnya juga sama beragamnya.

Jenisnya secara umum adalah mineral, semi synthetic dan full synthetic. Oli mesin dengan kualitas paling bagus sejauh ini ada pada full synthetic, hanya saja harganya paling mahal.

Hati-Hati Terhadap Oli Palsu

Oli mesin merupakan jenis oli yang paling laris karena nyaris tidak ada mesin motor matic yang tidak membutuhkannya. 

Berbeda dengan jenis oli lain yang mesin motor matic jenis tertentu tidak perlu memakainya. Efeknya banyak orang tidak bertanggung jawab memalsukan oli mesin, jadi harus hati-hati.

Dijadikan Patokan untuk Ganti Oli Transmisi

Waktu ganti oli mesin bisa digunakan sebagai patokan untuk mengganti oli transmisi. Yakni dengan perbandingan 3:1, jika sudah ganti oli mesin 3 kali maka bisa langsung ganti oli transmisi. Sehingga penggantian oli transmisi tidak terlambat.

Fakta-fakta tersebut menarik untuk diketahui dan dipahami dengan baik agar bisa memilih oli yang berkualitas baik dan tentunya diganti tepat waktu. Disiplin ganti oli bisa membuat performa mesin motor lebih terjaga, komponen mesin punya masa pakai yang lebih lama, dan tentunya mencegah motor mogok atau mati mendadak.

Posting Komentar

0 Komentar